Sejarah

SEKAI ELITE INDONESIA (Education and Training Centre) berdiri berawal dari fenomena dan perkembangan Industri diwilayah Kabupaten Karawang dimana para investor asing khususnya investor Jepang bekerjasama dengan pengusaha Indonesia mendirikan pabrik atau perusahaan di daerah jawa barat khususnya daerah Kabupaten Karawang. Masyarakat di daerah karawang khususnya para pemuda merasa dituntut harus belajar bahasa Jepang, Budaya & Etos kerja orang Jepang sampai keperguruan tinggi.

Semakin hari semakin terasa perkembangan Industri semakin meningkat didaerah karawang. Dan dari luar daerah juga datang ke karawang untuk bekerja di perusahaan Jepang. Namun hingga menjelang akhir tahun 1997-an, belum ada terlihat Lembaga kursus bahasa Jepang. Semua masih yakin bahwa model pendidikan yang terbaik adalah pendidikan formal perguruan tinggi (Lulusan Sarjana).

Tapi ternyata ada juga sekelompok generasi muda berpikiran maju yang berpendapat lain. Kelompok ini, dimotori oleh Djamaluddin Lamandu (dipanggil dengan nama Djamal Sensei), merasa bahwa ada kesenjangan antara pendidikan formal dengan dunia kerja yang tidak bisa didapatkan di perguruan tinggi dan masalah ini harus segera diantisipasi. Harus ada pendidikan yang dapat memenuhi tuntutan dan kebutuhan dunia kerja. Atas dasar itu, maka Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (ELITE COURSE) didirikan pertama tahun 1998 di By Pass Karawang buka program Komputer, Bahasa Inggris & Bahasa Jepang. Namun pada tanggal 28 February 1999. LPK ELITE COURSE pindah tempat dan berubah nama menjadi LPK. SEKAI ELITE COURSE di Jln. Arif Rahman Hakim No.22 Niaga Karawang Jawa-Barat. Izin penyelenggaraan latihan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 006/Bhs/Dikls.Krw/1998 dan Dinas Tenaga Kerja nomor: KEP.296/W.9/K.5/1999 saat itu.

Kata SEKAI berasal dari bahasa Jepang yang artinya DUNIA, sedangkan ELITE adalah orang-orang terkemuka, jadi Sekaielite adalah orang-orang yang gemar belajar didunia kerja. Dimana nama Sekai ini adalah nama sekolah penulis waktu belajar bahasa jepang di daerah Yawatashi Kyoto Japan. Saat itu TERAKITA SENSEI titip pesan kepada penulis, bahwa nanti setelah pulang ke Indonesia tolong kembangkan bahasa jepang di Indonesia.

Berbekal pengalaman di negeri Sakura. Penulis menerapkan metode pendidikan untuk dijalankan di LPK. Sekai Elite Course. Peserta didik bukan hanya diajarkan tentang bahasa saja tapi, diajarkan juga budaya dan etos kerja orang Jepang. Sehingga peserta didik bukan hanya penduduk karawang saja, bahkan dari luar daerah karawang. Seiring dengan perkembangan masyarakat dan Industri di kabupaten karawang. Pada tahun 2011 LPK.Sekai Elite Course buka Cabang yang bertempat di Galuh Mas dan berubah nama menjadi LPK. SEKAI ELITE Education & Training Centre kini, dengan tuntutan siswa, masyarakat, dunia industri dunia usaha & dunia kerja (DUDIKA). LPK.Sekai Elite Education & Training Centre buka beberapa program selain bahasa Jepang & Inggris yaitu: Kursus Bahasa Mandarin, Korea, Jerman dan layanan Interpreter, Translate dokumen. Pada tahun 2019 seiring dengan tuntatan perkembangan era globalisasi pendidikan & bisnis. LPK.Sekai Elite Education & Training Centre berbentuk badan usaha persekutuan CV. Sekai Elite Indonesia (Education & Training Centre) SK. Kementrian Hukum & Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Tanggal 23 September 2019 No. AHU-0056817-AH.01.14 Tahun 2019, NIB : 9120006922956, Izin Pendirian Lembaga Pelatihan Kerja (IPLPK No.503/3036/18/I/IPLPK/VI/DPMPTSP/2021 dan Izin Pendirian Sekolah Non Formal  (IPSNF No.503/3028/384/IPSNF/VI/DPMPTSP/2021) terdaftar di Dinas Tenaga Kerja & Dinas Pendidikan, Pemuda & Olah Raga kabupaten Karawang Lembaga Pendidikan Non Formal (LKP).

Pengakuan dari dunia Industri & masyarakat tercermin dari semakin banyaknya siswa LPK/LKP. Sekai Elite Education & Training Centre yang bekerja diperusahaan Jepang dan berangkat ke Jepang. Sedangkan pengakuan dari siswa sendiri setelah belajar di Sekai EliteEducation & Training Centre sangat membantu bekerja diperusahaan Jepang & belajar diperguruan tinggi.